Call Us:+1-888-888-888

Tantangan bagi keIslaman

Home  /  Pendidikan  /  Tantangan bagi keIslaman

29.Feb, 2020 Comments Off on Tantangan bagi keIslaman Pendidikan

Tantangan bagi keIslaman

Tantangan bagi keIslaman

Tantangan bagi keIslaman

Tantangan bagi keIslaman

Tantangan bagi keIslaman, Kemodernan dan keIndonesiaan dalam melewati suatu perubahan sosial saat ini adalah sikap eksklusif atau eksklusivisme. Sikap yang menutup diri dari berbagai perbedaan yang ada di sekitarnya. Konteks fenomena ini adalah dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang notabenenya adalah bangsa yang dianugerahi kemajemukan dalam hal suku, adat, ras dan agama.

Setelah mengetahui tantangan tersebut maka dicarikan sebuah solusi untuk menangkalnya yakni lewat pemikiran Nurcholish Madjid dengan konsep Sekularisasi dan sikap inklusivisme. Dan diterapkan lewat media pendidikan yakni Pendidikan agama (Islam) multikultural pluralistik.

Saran

Indonesia belum terlambat untuk bergerak melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini dapat terwujud apabila tercipta suatu kesadaran kolektif dari berbagai pihak yang peduli dengan nasib masa depan bangsa Indonesia. Kesadaran yang ada harusnya menjadi stimulus untuk pemerintah agar melakukan perombakan yang signifikan. Karena semua perubahan akan terasa efektif apabila ada regulasi yang mengatur dengan sifat formal. Ini yang menjadi tugas bersama bagi pemerintah dan juga masyarakat untuk mewujudkan solusi yang telah diusulkan oleh beberpa ahli yang terdapat dalam makalah ini.

Dengan adanya kesadaran dan kemauan yang kuat dari berbagai pihak niscaya bangsa Indonesia akan menjadi bangsa ideal dan patut dicontoh oleh bangsa lain yang memimpikan kerukunan dalam perbedaan.

Pemerintah cukup dengan melibatkan semua kalangan mulai dari cendekiawan, ulama, bahkan rakyat biasa yang peduli dan mau menuju perubahan menuju kedamaian. Dengan saran dan rekomendasi tersebut maka diharapkan Indonesia dapat mewujudkan apa yang diharapkan.

Terlepas dari itu semua, tentunya makalah ini masih belum sempurna dan memiliki banyak kekurangan dari berbagai aspek. Baik segi penulisan sampai ke substansi isi yang dijabarkan. Oleh karena itu, penulis terbuka dengan berbagai masukan yang tentunya membangun bagi penyempurnaan makalah ini. Selain itu, makalah ini dapat menjadi stimulus bagi peneliti selanjutnya yang ingin membahas tentang tema serupa.

Sumber https://multi-part.co.id/mobile-doc-scanner-apk/


Comments are closed.