Call Us:+1-888-888-888

MUDAH LAPAR PADAHAL UDAH MAKAN, PENYEBABNYA BISA MACAM-MACAM

Home  /  Umum  /  MUDAH LAPAR PADAHAL UDAH MAKAN, PENYEBABNYA BISA MACAM-MACAM

18.Jan, 2020 Comments Off on MUDAH LAPAR PADAHAL UDAH MAKAN, PENYEBABNYA BISA MACAM-MACAM Umum

MUDAH LAPAR PADAHAL UDAH MAKAN, PENYEBABNYA BISA MACAM-MACAM

MUDAH LAPAR PADAHAL UDAH MAKAN, PENYEBABNYA BISA MACAM-MACAM

Sudah makan tapi masih saja merasa mudah lapar. Kira-kira apa yang salah dengan tubuh kita, ya?

“Duh, pengin ngemil dan ngunyah-ngunyah sesuatu, nih.”

“Kamu lapar lagi? Bukannya baru aja ngabisin nasi goreng satu porsi?”

Pernahkah teman-teman berada dalam kondisi yang demikian? Lagi-lagi merasa lapar padahal baru saja menandaskan makanan. Tidak hanya orang sekitar yang merasa takjub dengan “kemampuan” pencernaan kita. Akan tetapi, diri kita sendiri pun sering kali terhitung bingung-bingung sendiri dan bertanya-tanya: Apakah ada yang salah dengan organ atau sistem pencernaan kita supaya lapar dapat mampir dengan begitu mudahnya? Atau jangan-jangan psikis kita tidak tengah baik-baik saja?

Ternyata, kondisi yang terkadang bikin nggak nyaman ini, dapat disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya:

Satu, Kurang Minum

Kadang-kadang, kita salah dalam mengartikan apa yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Dilansir berasal dari Dokter Sehat, kalau kita adalah type orang yang nggak sangat puas minum air putih, hal ini akan membuat tubuh jadi dehidrasi. Nah, tubuh yang sebenarnya tengah “haus” ini justru diambil kesimpulan dengan “masih lapar”. Sehingga meski kita makan ulang dan makan lagi, rasa lapar senantiasa saja muncul. Lha wong, keperluan kita untuk minum air putih belum dipenuhi, kok~

Dua, Mengonsumsi Karbohidrat Terlalu Banyak

Lantaran merasa lapar, kita pun pilih konsumsi karbohidrat sebanyak-banyaknya. Pikir kita sih, pasti rasa kenyang sehabis makan akan bertahan lebih lama. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Pasalnya dikutip berasal dari Hello Sehat, karbohidrat justru dapat membuat rasa kantuk mampir lebih cepat. Ia dapat menambah gula darah dan menurunkannya dengan cepat. Hal inilah yang sesudah itu bikin kita jadi lebih mudah lapar lagi

Tiga, Memiliki Diabetes

Seharusnya dengan konsumsi makanan, tubuh akan merubah gula dalam makanan jadi glukosa dan hal ini jadi sumber energi. Namun, layaknya disebutkan dalam Detik, terhadap penderita diabetes, glukosa tidak akan dapat meraih sel-sel tubuh. Sehingga tubuh jadi merasa perlu makan ulang sebab senantiasa merasa lemas dan kurang bertenaga.

Empat, Sedang Mengalami Stres

Tidak hanya disebabkan oleh hal-hal biologis, mudah lapar terhitung dapat sebab segi psikologis. Stres salah satunya. Dilansir berasal dari Hello Sehat, selagi tengah stres kita akan merasa gelisah, tegang, dan berpikir dua kali lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal ini pasti membuat tubuh kita perlu daya lebih besar. Sehingga kita jadi mudah lapar dan senantiasa pengin memakan suatu hal untuk melampiaskannya.

Lima, Efek Mengonsumsi Obat

Dikutip berasal dari Honestdocs, beberapa type obat dapat membangkitkan nafsu makan. Seperti obat antidepresan, obat diabetes, ataupun antipsikotik. Jika sehabis konsumsi obat-obat selanjutnya kita jadi mudah lapar dan ternyata berat badan turut naik, sebaiknya konsultasikan hal ini terhadap dokter. Supaya dokter dapat memberi tambahan alternatif obat lain yang dapat berikan efek lebih nyaman.

Enam, Kurang Tidur

Kurang tidur atau ada masalah tidur dapat merubah hormon dalam tubuh. Seperti yang disebutkan Kumparan, kondisi hormon yang tidak sesuai selanjutnya dapat berakibat terhadap pola makan yang terganggu. Sehingga kita jadi mudah lapar walaupun baru saja makan.

Tujuh, Makan Terlalu Cepat

Selain itu, cara makan yang sangat cepat terhitung dapat bikin kita jadi merasa mudah lapar lagi. Pasalnya, dilansir berasal dari Honestdocs, otak tidak sempat membaca isyarat bahwa tubuh kita udah lumayan makan. Akhirnya, kita jadi tetap menerus merasa lapar walaupun makanan yang masuk dalam perut udah banyak. Jadi, mengunyah makanan lebih lama dan tidak cepat-cepat menelannya atau tidak melakukan hal lain selagi makan, dapat menolong “masalah ini”.

Kalau kamu ternyata salah satu orang yang mudah lapar walaupun udah makan. Coba telisik pelan-pelan, sekitar penyebab nomor berapa yang bikin kamu kelaparan terus-terusan?

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :


Comments are closed.