Call Us:+1-888-888-888

Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

Home  /  Pendidikan  /  Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

19.Dec, 2019 Comments Off on Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah Pendidikan

Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

Tingkatkan Pendidikan Daerah 3T, Kemendes Bangun Asrama Sekolah

Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kualitas sektor pendidikan di daerah

tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong dibangunnya asrama siswa dan rumah tinggal guru.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Samsul Widodo mengatakan keadaan di daerah tertinggal sekolah jauh, infrastruktur belum sepenuhnya tersedia, jumlah pendidik belum mencukupi. Maka diperlukan sekolah berasrama untuk menampung peserta didik yang tinggalnya jauh dari satuan pendidikan.

“Bagaimana manajemen asrama ini bisa jadi lebih baik dan ada standar. Kedua, bagaimana Dana

Alokasi Khusus (DAK) transportasi perdesaan bisa mendukung untuk kebutuhan transportasi sekolah/bus sekolah. Ketiga, bagaimana supaya asrama sekolah lebih fungsional, apakah jadi asetnya pemda atau desa. Kalau aset desa bisa menggunakan dana desa,” ucap Samsul dalam keterangan tertulis, Senin (2/12/2019).
Baca juga:
Wamendes: Semua Sinergi Wujudkan Daerah Transmigran Mandiri

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan Asrama Siswa dan Rumah Tinggal Guru di Manhattan Hotel, Kuningan, Jakarta.

Samsul menjelaskan sulitnya jangkauan siswa di daerah tertinggal untuk mencapai sekolahnya,

maka perlunya DAK afirmasi untuk moda transportasi perdesaan itu digunakan untuk bus sekolah, beli truk, angkutan perdesaan, angkutan anak sekolah.

Selanjutnya bagaimana DAK ini bisa dikombinasikan dan mendorong moda transportasi yang akan diberikan pada desa-desa. Ia berharap adanya inisiatif ini bisa membantu anak-anak untuk mencapai sekolah dari rumahnya.

“Ke depan juga mendorong mahasiswa-mahasiswa KKN untuk melakukan pembinaan pada saat awal-awal asrama sekolah itu dibentuk. Universitas-universitas mengembangkan KKN tematik sehingga mereka bisa melakukan pendampingan dalam pengembangan asrama sekolah,” terangnya.

 

Sumber :

https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/home-design-makeover/


Comments are closed.