Call Us:+1-888-888-888

UNICEF: Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

Home  /  Pendidikan  /  UNICEF: Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

14.Nov, 2019 Comments Off on UNICEF: Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak Pendidikan

UNICEF: Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

UNICEF: Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

UNICEF Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

UNICEF Imunisasi Adalah Hak Setiap Anak

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan UNICEF Indonesia sepakat bahwa mendukung hak-hak anak harus menjadi komitmen semua pihak, termasuk media. Sikap ini disampaikan dalam diskusi Menakar Peran Media dalam Pemenuhan Hak Anak di Jakarta.

Diskusi ini menampilkan pembicara Drg. Vensya Sitohang M.Epid (Direktur Surveilans dan

Karantina Kementerian Kesehatan), Abdul Manan (Ketua AJI Indonesia), Dr. Paul Pronyk (Kepala Unit Kesehatan Anak UNICEF Indonesia), dan Arie Rukmantara (Kepala Perwakilan UNICEF untuk Wilayah Jawa)

Diskusi ini dilaksanakan untuk menandai dimulainya program kemitraan antara AJI dan UNICEF Indonesia untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam peliputan dan penulisan berita mengenai anak-anak. Fokus isu tahun ini adalah Imunisasi.
Baca Juga:

Dalam diskusi tersebut, drg.Vensya Sitohang M.Epid menjelaskan anak-anak yang diberikan

imunisasi tumbuh dengan kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. “Imunisasi berpengaruh langsung dan tidak langsung dalam kematian. Imunisasi bisa mencegah dua hingga tiga kematian yang disebabkan oleh TBC berat, difteri, pertusis (batuk 100 hari), tetanus, polio, campak, rubella, hingga kanker serviks. Semakin banyak anak yang diimunisasi semakin banyak yang terhindar dari kematian,” ujarnya.

Vensya mengatakan anak memiliki hak mendapatkan hidup yang sehat dan layak, termasuk mendapat imunisasi untuk kekebalan tubuhnya. Meski hari ini tak semua anak berhasil mendapat imunisasi, tapi pemerintah telah berkomitmen untuk menjangkau mayoritas anak untuk mendapatkan haknya dalam kesehatan.

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan memaparkan, media memiliki peran

yang sangat besar dalam pemenuhan hak-hak anak. Menurut Abdul Manan, sangat penting bagi sebuah media untuk memastikan berita yang ia buat akurat. Terutama jika berita tersebut tentang anak.

“Jika menuliskan sebuah berita tentang anak, maka media harus memastikan, apakah berita tersebut bisa detil atau sebaiknya general. Tak peduli seberapa dramatisnya sebuah peristiwa, maka ketika ingin memberitakan, redaksi harus punya persepsi yang jelas lebih dulu,” tutur Abdul Manan.

 

Sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/manusia-purba/


Comments are closed.