Call Us:+1-888-888-888

Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

Home  /  Pendidikan  /  Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

27.Sep, 2019 Comments Off on Lima Cara Mengatasi Rasa Malu Pendidikan

Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

Lima Cara Mengatasi Rasa Malu

Pernah berharap bisa lenyap dari muka bumi karena sesuatu yang kamu katakan atau lakukan? Tiap orang pasti punya saat – saat memalukan. Berikut ini langkah – langkah yang bisa kamu ambil jika lain kali kamu merasa telah mempermalukan dirimu sendiri.

Akui bahwa kamu memang malu
Jangan membela diri atau mencoba menyembunyikan perasaanmu. Kamu mungkin bahkan bisa tertawa dan berkata,”Wuah! Aku nggak pernah semau ini!” Perasaan seperti ini akan lebih cepat hilang kalau kamu nggak pernah berusaha menutupi atau berpura – pura nggak terjadi apa – apa.
Maafkan diri sendiri
Jadi, kamu bikin satu kesalahan. Memangnya kenapa? Hal – hal macam ini lazim terjadi. Jadi jangan menyalahkan diri terus – menerus. Kalau kamu telah menyakiti atau mempermalukan orang lain, minta maaflah. Kadang ini adalah bagian yang paling sulit, tapi minta maaf sangat penting karena akan membuat kedua belah pihak merasa lebih nyaman.
Sadarilah bahwa nggak semua orang memperhatikan apa yang barusan kamu lakukan
Suatu saat, kamu berkata atau melakukan sesuatu yang memalukan. Dan, rasanya seluruh dunia memperhatikanmu. Ini mungkin nggak seluruhnya benar. Kebanyakan orang bakal terlalu sibuk mengkhawatirkan kesalahan – kesalahan yang mereka buat sendiri hingga nggak akan sempat memperhatikan kesalahanmu.
Teruslah melangkah
Taruh saat – saat memalukan di tempat mereka seharusnya berada, yaitu di masa lalu. Dorong dirimu seperlunya, tapi pastikan kamu terus melangkah maju. Kalau seseorang menggodamu tentang apa yang baru saja terjadi, katakan,”Oh ya! Tadi memang agak memalukan.” Tertawa dan tunjukkanlah bahwa kamu bisa mengatasi godaan orang – orang. Orang lain akan segera lupa tentang saat – saat memalukan itu _ begitu pula seharusnya kamu.
Pikir masak – masak sebelum bertindak atau berbicara
Selalu ingat jurus ini akan membantumu terhindar dari saat – saat memalukan. Memang ini saja nggak akan membantu kamu bakal bebas dari semua bentuk rasa malu, tapi paling nggak kemungkinannya bisa dikurangi. Dan, ketika kamu terpeleset, ulangi langkah 1 – 4 agar bisa cepat pulih dari rasa malu.
Dikutip dari Buku Pintar Remaja Gaul, Penuntun Agar Sukses Belajar, Bergaul, dan Tetap Fun

Comments are closed.