Call Us:+1-888-888-888

Cara Efektif Toilet Training pada Anak

Home  /  Pendidikan  /  Cara Efektif Toilet Training pada Anak

27.Sep, 2019 Comments Off on Cara Efektif Toilet Training pada Anak Pendidikan

Cara Efektif Toilet Training pada Anak

Cara Efektif Toilet Training pada Anak

Toilet training ialah cara mengajar anak guna buang air di kamar mandi. Aktivitas ini tersiar gampang, tetapi susah dilakukan. Tidak terdapat satu cara yang memastikan keberhasilan buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK) di toilet. Anda mesti mencari teknik yang cocok dengan situasi anak dan diri Anda.

Jika kita akan mengawali toilet training atau mulai kehabisan akal sebab anak masih tidak jarang mengompol, simak teknik popular supaya toilet training anak sukses, laksana di bawah ini:

Menunggu kemauan anak BAB atau BAK sendiri
Saat anak mulai memasuki usia 2 tahun, simaklah tanda-tanda andai anak sudah siap berlatih di toilet, namun tidak boleh memaksa mereka melakukannya. Simpan dudukan toilet eksklusif anak di kamar mandi, namun Anda tidak butuh memaksa anak menggunakannya. Dukung dan beri pujian andai ia sukses melakukannya. Kelebihan dari pendekatan ini ialah Anda dan anak bakal minim putus asa karena tidak ada bagian paksaan. Kekurangannya ialah anak bakal lebih lama BAB dan BAK di popok.

Membuat waktu eksklusif ke kamar mandi
Anda dapat melakukan pelajaran toilet ini sebulan sebelum masuk preschool. Fokus dan dorong anak memakai toilet. Anda mesti berada di lokasi tinggal dan arahkan anak dengan lembut ke kamar mandi andai sudah mengindikasikan tanda-tanda hendak buang air. Tanyakan andai anak tampak hendak buang air supaya anak bisa mengenali sensasinya. Kelebihan dari cara ini ialah Anda dapat menolong anak berkonsentrasi pada satu tugas khusus. Kekurangannya ialah Anda mesti menciptakan waktu yang terstruktur dan Anda mesti tidak jarang berada di rumah.

Memakai training pants sebagai transisi
Ganti popok sekali gunakan dengan training pants yang mempunyai sensasi basah atau lembap. Latih anak guna bilang andai ia menikmati celananya basah sampai-sampai Anda tahu waktuBAK-nya. Dengan cara ini, kesadaran anak akan faedah tubuhnya bakal meningkat. Sayangnya, training pants lumayan mahal bila dikomparasikan dengan popok biasa.

Memancing dengan hadiah
Berikan hadiah andai anak sukses BAK di toilet dengan sesuatu yang kecil tetapi berharga, laksana stiker. Anda dapat mengombinasikan cara ini dengan metode-metode lainnya. Anak Anda bakal senang sekali andai stiker itu dapat ditukar dengan hal-hal yang disukainya, laksana mainan atau pergi ke lokasi tinggal nenek. Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu anak menjadi “pamrih” meminta hadiah atas segala pencapaian yang dilakukan. Padahal ia punya milestone beda yang mesti diraih.

Mengandalkan celana dalam saja
Biarkan anak kita memilih celana dalam yang sangat disukai, dengan warna dan motif yang menarik. Kenakan pada mereka kemudian biarkan mengompol di celana tersebut. Kelebihan dari cara ini ialah anak bakal merasa dewasa sekaligus tahu rasanya merasakan “kecelakaan” berupa ompol. Anak bakal merasa tidak nyaman dan pasti hendak pergi ke toilet. Kekurangannya, ini adalahmetode sangat berantakan.

Berikan pujian dan penguatan positif
Jika anak telah benar mengerjakan toilet training, berikan pujian. Minta anggota family lain guna memuji mereka. Metode ini akan membina self-esteem anak. Di samping itu, anak juga seringkali lebih menikmati.

Sumber : http://prom.ua/redirect?url=www.pelajaran.co.id


Comments are closed.