Call Us:+1-888-888-888

Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

Home  /  Pendidikan  /  Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

29.Aug, 2019 Comments Off on Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik Pendidikan

Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

Sekolah Ramah Anak, Sanitasi Harus Baik

Sekolah Ramah Anak merupakan satuan pendidikan yang mampu menjamin, memenuhi,

menghargai hak-hak dan perlindungan anak. Partisipasi anak pun penting dalam mendukung perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pendidikan.

Program ini akan menciptakan sekolah yang mampu menjauhkan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya. Selain itu, diupayakan untuk menjadi sekolah yang aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Sesuai dengan himbauan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, perlu menanamkan hidup sehat dan bersih pada anak sejak dini. Hal tersebut juga berkaitan dengan perlunya meningkatkan program sanitasi di satuan pendidikan.

“Setiap sekolah diupayakan memiliki sanitasi yang baik seperti air bersih, toilet, serta lingkungan

yang sehat dan bersih,” ujar Kadisdik.

Toilet yang sehat merupakan bagian dari Sekolah Ramah Anak. Komponen tersebut termasuk ke dalam sarana dan prasarana yang bertujuan untuk mencegah dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan anak.

Sarana dan prasarana toilet sehat juga diterapkan dalam Sekolah Ramah Anak, karena upaya untuk menghindari dari kekerasan seksual. Kasus tersebut kerap dilakukan pada toilet sekolah yang dinilai terpencil dan terdapat di sudut sekolah.

Dipojok atau terpencil

Dilansir dari liputan 6, Kriminolog dari Universitas Indonesia, Ni Made Martini Puteri mengatakan

beberapa faktor yang membuat sekolah menjadi lokasi srategis bagi para pelaku kekerasan seksual anak. Seperti beberapa sudut sekolah, dibeberapa waktu terkadang ramai dan terkadang sepi.

“Jadi saya kira, desainnya harus diubah. Toilet jangan lagi berada di posisi yang terpencil atau di pojok. Di luar negeri, toilet berada di sebelah ruang guru. Jadi siapa saja yang keluar dan masuk guru bisa tahu,” ujar Martini.***

 

Baca Juga :


Comments are closed.