Call Us:+1-888-888-888

Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia

Home  /  Pendidikan  /  Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia

14.Aug, 2019 Comments Off on Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia Pendidikan

Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia

Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia

Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia
Sudah banyak ahli atau tokoh dunia di zaman ke zaman udah mengutarakan tentang sifat-sifat dan hakikat manusia. kupasan mereka tentang sifat hakikat manusia terpusat pada pembahasan tentang psikologi dan kepribadian manusia. pada umumnya, para ahli mengemukakan, bahwa kepribadian manusia berbentuk paduan pada badan dan jiwa. Badan terbentuk menurut prinsip-prinsip biologis. Dimulai sejak penciptaan manusia pertama sampai pada keturunannya. Adam sebagai manusia pertama diciptakan oleh Allah dari tanah diperlengkapi bersama dengan fungsi-fungsi kejiwaan, namun Hawa diciptakan dari tulang rusuk kiri adam.

Dalam badan manusia, diperlengkapi oleh Allah bersama dengan anggota-anggota serta bagian-bagian badan untuk kelestarian kehidupan jiwa. Badan lakukan tindakan-tindakan yang digerakkan oleh jiwa bersama dengan cara-cara tertentu. Bekerjanya jiwa pada badan berbentuk penggunaan fungsi-fungsi kejiwaan yang bukan mental, namun bekerjanya jiwa didalam proses seraf dan pikiran berbentuk pengerahan kekuatan-kekuatan kejiwaan yang lebih berbentuk gerakan mental.

Menurut John Amos Comenius, manusia mempunyai 3 komponen jiwa yang mobilisasi kesibukan jiwa raga. Tiga komponen jiwa itu meliputi; saraf pertumbuhan, perasaan, dan intelek. Sebab itu, dikatakanya bahwa manusia mempunyai 3 sifat dasar, yakni; apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya

1. Sifat biologis (tumbuh-tumbuhan)
Sifat ini udah mengakibatkan manusia tumbuh secara alami bersama dengan prinsip-prinsip biologis bersama dengan gunakan lingkungannya.

2. Sifat hewani
Dengan terdapatnya perasaan-perasaan hakiki, manusia mengalami desakan-desakan internal untuk mencari keseimbangan hidup. Melalui peralatan indranya, manusia jadi sadar dan menuruti keinginan-keinginan dan seleranya.

3. Sifat intelektual
Dengan sifat ini, manusia dapat menemukan benar atau salahnya sesuatu, dapat membedakan baik dan buruknya objek, serta dapat mengarahkan keinginan dan emosinya. Sifat intelektual manusia inilah yang membedakan manusia dari makhluk-makhluk lain. Dengan terdapatnya sifat intelektual ini, manusia dilebihkan derajatnya dari makhluk-makhluk lain.

Hakikat kejiwaan manusia terwujud bersama dengan terdapatnya kekuatan-kekuatan serta aktivitas-aktivitas kejiwaan didalam diri manusia, yang semua itu membuahkan tingkah laku yang lebih sempurna dari pada makhluk-makhluk lain.

Demikianlah ulasan tentang Sifat dan Hakikat Kejiwaan Manusia, yang pada peluang ini dapat dibahas bersama dengan lancar. Semoga bermanfaat dan untuk tidak cukup lebihnya mohon maaf. Cukup sekian dan sampai jumpa!

Baca Juga :


Comments are closed.