Call Us:+1-888-888-888

Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

Home  /  Pendidikan  /  Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

28.Jun, 2019 Comments Off on Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital Pendidikan

Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

Insinyur Jadi Profesi Paling Strategis di Era Industri Digital

Indonesia masih membutuhkan banyak insinyur untuk mendukung pembangunan ekonomi. Apalagi memasuki era industri digital, profesi insinyur diyakini dapat menjawab tantangan global.

Diketahui, karir di bidang teknik secara konstan terus berkembang seiring dengan proses kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kondisi ini menantang keinginan dari para insinyur untuk mengadopsi dan mengembangkan solusi kreatif untuk isu yang kompleks.

The Management Development Institute of Singapore (MDIS) yang berdiri sejak 1956, melakukan sesi interview bagi para calon penerima beasiswa calon mahasiswa teknik MDIS School of Engineering khusus untuk pendaftar asal Indonesia. Sesi wawancara dilakukan langsung oleh Ketua MDIS School of Engineering Dr Tham Yieng Wei di Pullman Hotel Central Park, Jakarta, Minggu (1/7).

Tham Yieng Wei menuturkan, upaya itu dilakukan dengan sangat serius karena MDIS melihat

prospek bidang teknik yang sangat cerah di depan. Sebab di balik semua perkembangan teknologi yang terjadi saat ini dan masa mendatang, ada para insinyur yang merancang, mengintegrasikan dan membangun semua sistem.

“Jadi tidak diragukan teknik adalah solusi pekerjaan di masa depan,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/7).

Diingatkannya, bidang teknik sangat besar memberikan kontribusi terhadap berbagai aspek sosial. Para insinyur menggunakan inovasi, kreatifitas, dan rancangan yang menyedikan solusi untuk pertubuhan yang berkelanjutan. Mereka memiliki berbagai keterampilan, yang terdiri dari keterampilan analitis, kreatifitas, komunikasi, kepemimpinan, kewirausahaan, standar etika, profesionalisme dan fleksibilitas.

Program teknik bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan dalam karir dengan mahir di semua aspek teknik, mulai dari litbang, desain produk, sampai pengembangan dan produksi.

Terdapat banyak spesialisasi di bidang teknik. Contohnya, teknik mesin, listrik, sipil, kimia,

otomotif, dan robot. Setiap cabang tersebut memerlukan seperangkat keterampilan karena masing-masing cabang sangat kompleks. Calon insinyur juga harus mahir dengan keterampilan matematika, logika, dan intelektual yang kuat.

Menurut Tham Yieng Wei, Singapura adalah tujuan pilihan untuk pendidikan teknik. Apalagi menyongsong kebutuhan industri dan tantangan global ini, MDIS School of Engineering menawarkan program teknik di berbagai area. Yaitu, electrical and electronic engineering, mechanical design engineering, electronic design engineering,engineering management, dan project management.

“Untuk memenuhi tantangan global, sekolah ini menawarkan program teknik MDIS bekerja sama

dengan sejumlah universitas ternama di Inggris, dalam pengembangan pendidikan mulai dari diploma, yang bisa dilanjutkan ke program sarjana dan kemudian, program gelar pascasarjana,” tutup Tham.

 

Sumber :

https://dogetek.co/sastra/


Comments are closed.