Call Us:+1-888-888-888

Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

Home  /  Pendidikan  /  Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

24.Apr, 2019 Comments Off on Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019 Pendidikan

Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

Pastikan Anda di hitung ! SENSUS PENDUDUK 2019

Sensus Penduduk akan dilaksanakan tahun 2019

tgl 1mei-31mei2010. Pastikan Anda dihitung!!!! Pada tahun 2010 nanti, BPS kembali melaksanakan kegiatan sensus yaitu Sensus Penduduk 2010 (SP 2010). Sensus Penduduk merupakan kegiatan yang sangat penting bagi perencanaan pembangunan karena data yang didapat berupa data kependudukan yang dapat menggambarkan keadaan penduduk Indonesia hingga wilayah administrasi terkecil.

Sebenarnya kegiatan sensus ini pernah dilaksanakan pada masa sebelum Indonesia merdeka oleh Pemerintah Hindia Belanda yaitu pada tahun 1930. Selanjutnya setelah Indonesia merdeka telah dilakukan 5 kali sensus penduduk, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, dan 2000. Sedangkan Sensus Penduduk 2010 adalah sensus ke-6 yang akan dilaksanakan pada tahun 2010. Acuan yang digunakan dalam pelaksanaan Sensus Penduduk adalah UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Peraturan Pemerintah No 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, dan Rekomendasi PBB (United Nations).

Sensus Penduduk merupakan suatu rangkaian kegiatan pengambilan “stok” (stock taking) penduduk pada suatu titik waktu tertentu yang mencakup seluruh atau sebagian wilayah geografis suatu negara sejak tahapan persiapan sampai ke publisitas hasilnya. Titik waktu SP2010 adalah 31 Mei 2010 pukul 24.00. Tanggal ini disebut sebagai hari sensus (census date).

Pendataan Sensus Penduduk dilakukan secara door to door pada seluruh penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal dalam wilayah geografis Indonesia, baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang tidak bertempat tinggal tetap. Anggota korps diplomatik negara lain beserta keluarganya, meskipun menetap di wilayah geografis Indonesia, tidak dicakup dalam pencacahan sensus penduduk. Cara pencacahan yang dipakai dalam Sensus Penduduk 2010 adalah kombinasi antara de jure dan de facto. Bagi mereka yang bertempat tinggal tetap dipakai cara de jure, yaitu dicacah di tempat mereka tinggal secara resmi, sedangkan penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap dicacah dengan cara de facto, yaitu dicacah di tempat dimana mereka ditemukan oleh petugas lapangan sensus.

 

Tujuan Utama SP2019

tujuan utama SP2010 adalah menghasilkan data dasar kependudukan untuk keperluan perencanaan pembangunan dan sistem perstatistikan nasional. Secara rinci tujuan utama SP2010 meliputi:

1. Menyediakan data dasar kependudukan dan perumahan sampai dengan wilayah administrasi terkecil (desa/kelurahan).
2. Melakukan peremajaan (up-dating) peta wilayah (blok sensus dan desa /kelurahan) hasil pemetaan SP2000 atau membuat peta baru untuk wilayah-wilayah baru hasil pemekaran. Peta blok sensus dan peta desa/kelurahan merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk keperluan pencacahan SP2010 dan pencacahan sensus atau survei kependudukan lain sebelum pelaksanaan sensus berikutnya.
3. Menyusun Kerangka Contoh Induk (KCI) yang akan digunakan sebagai dasar perencanaan sensus atau survei kependudukan lain sebelum sensus penduduk yang berikutnya serta menyusun sistem informasi geografis (Geographic Informations System/GIS).

 

Tujuan Khusus SP2019

Tujuan khusus SP2010 adala menghasilkan informasi kependudukan secara lebih rinci dan informasi lainnya untuk keperluan penghitungan berbagai parameter demografis, antara Angka Kelahiran, Angka Kematian, Angka Harapan Hidup dan lain –lain. Secara rinci tujuan khusus SP2010 mencakup:

1. Menghasilkan paramater-parameter demografis yang meliputi Angka Kelahiran, Angka Kematian, Angka Harapan Hidup, dan Angka Migrasi Penduduk.
2. Menghasilkan statistik dan indikator penyandang cacat (disability).
3. Menghasilkan statistik dan indikator Millenium Development Goals (MDG) di bidang kependudukan.
4. Menghasilkan statistik dan indikator Millenium Development Goals (MDG) di bidang perumahan.
5. Menghasilkan data statistik potensi wilayah di seluruh Indonesia.

 

Peranan dan Urgensi Sensus Penduduk dan Perumahan

Kegiatan Sensus Penduduk dan Perumahan secara keseluruhan meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data statistik kependudukan dan perumahan hingga wilayah administrasi terkecil. Data yang dihasilkan dapat memberikan gambaran lengkap mengenai komposisi, karakteristik, distribusi menurut wilayah (spatial distributions) dan organisasi (keluarga dan rumah tangga) penduduk dan perumahan.
Data hasil sensus penduduk dan perumahan memegang peranan penting untuk dasar perencanaan berbagai program, baik program yang dikelola pemerintah, swasta dan masyarakat umum. Peran dan urgensi data hasil sensus penduduk dan perumahan meliputi berbagai bidang/aspek yang sangat luas yang antara lain mencakup:

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/


Comments are closed.