Call Us:+1-888-888-888

Rangkuman ISD

Home  /  Pendidikan  /  Rangkuman ISD

15.Apr, 2019 Comments Off on Rangkuman ISD Pendidikan

Rangkuman ISD

Rangkuman ISD

Rangkuman ISD

Rangkuman ISD

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, mendorong aspek-aspek kehidupan yang meliputi aspek social, ekonomi, politik, kebudayaan dan sebagainya. Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah social ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya. Penambahan penduduk di suatu daerah atau Negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor kematian (mortalitas), kelahiran (fertilitas), migrasi .

Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan di Indonesia ada bermacam-macam

. Mulai dari zaman batu sampai zaman logam. Zaman batu itu sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu zaman batu tua (palaeolithikum), dan zaman batu muda (neolithikum). Pada abad ke-3 dan ke-4 agama Hindu masuk ke Indonesia, khususnya ke Pulau Jawa. Sekitar abad ke-5, ajaran Budaha masuk ke Indonesia. Walaupun demikian, kedua agama itu di Indonesia tetap hidup dengan damai.

 

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar dan termegah di Asia Tenggara

bahkan tercatat sebagai salah satu keajaiban dunia. Pada abad ke-15 dan ke-16 agama Islam telah dikembangkan di Indonesia oleh para pemuka-pemuka Islam yang disebut Wali Sanga. Unsur kebudayaan yang juga member warna terhadap corak lain dari kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia adalah kebudayaan Barat yang masuk ketika kaum kolonialis/penjajah mengedor masuk ke Indonesia, terutama bangsa Belanda. Berbagai penilitian Antrophologi Budaya menunjukkan bahwa terdapat korelasi di antara corak-corak kebudayaan dengan corak-corak kepribadian anggoa-anggota masyarakat.

Individu, Keluarga dan Masyarakat

“Individu” berasal dari kata latin “individuum” artinya “yang tak terbagi”. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan lebih dewasa. Perubahan ini pada lazimnya disebut dengan proses. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu Pendirian Nativistik, Pendirian Empiristik dan Environmentalistik, Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme, Tahap pertumbuhan individu berdasar psikologi.

Pertumbuhan individu sejak lahir sampai dewasa itu melalui beberapa fase sebagai berikut :

• Masa vital yaitu 0-2 tahun
• Masa estetik yaitu 2-7 tahun
• Masa Intelektual yaitu 7-14 tahun
• Masa sosial yaitu 14 tahun ke atas.
Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/


Comments are closed.