Call Us:+1-888-888-888

Contoh Surat Keluhan Pelanggan

Home  /  Pendidikan  /  Contoh Surat Keluhan Pelanggan

1.Apr, 2019 Comments Off on Contoh Surat Keluhan Pelanggan Pendidikan

Contoh Surat Keluhan Pelanggan

Contoh Surat Keluhan Pelanggan

Contoh Surat Keluhan Pelanggan – Surat keluhan penggan merupakan sebuah surat yang dibuat oleh pelanggan kepada suatu perusahaan jasa dikarenakan mereka kecewa akan pelayanannya ataupun kecewa terhadap suatu produk. Dalam surat tersebut, kebanyakan berisi seluruh hal yang negatif yang dirasakan oleh pelanggana, baik dari layanan ataupun mutu barang yang diberikan.

Surat keluhan pelanggan ataupun surat komplain yang dikirimkan oleh pelanggan kebanyakan diakibatkan oleh sebagian hal, yaitu :

  1. Keterlambatan pengiriman pesanan/barang yang seharusya lebih cepat cocok yang perusahaan janjikan
  2. Jumlah pesanan barang yang tidak cocok dan wujud yang tidak sesuai
  3. Kualitas barang tidak baik seperti yang mereka dapatkan sebelum saat barang selanjutnya dikirimkan
  4. Terdapat kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan perusahaan yang mengirimkan.
  5. Adanya layanan yang tidak cukup sopan dan tidak cukup layak.

Untuk lebih mengerti seperti apa sebetulnya susunan dan format surat keluhan pelanggan ini silakan melihat sebagian perumpamaan di bawah ini.

Bandung, 26 November 2016

Kepada

Manager Toko Aman Book plus Stationeri

Jalan Dorayaki No. 1A Kota Bali

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami menginginkan menyampaikan sebagian keluhan disaat kami belanja perlengkapan alat tulis kantor di daerah di mana Bapak atau Ibu bekerja. Tetapi sebelumnya saya perkenalkan diri saya lebih-lebih dahulu, Saya bernama Alexander Suwiryo, usia 40 tahun. Saya merupakan pegawai swasta dari sebuah perusahaan ternama di Kota Bandung.

Pertama – tama kami jelaskan lebih-lebih dahulu bahwa kami merupakan pelanggan setia toko Aman Book plus Stationeri sejak toko ini baru diakses di Jalan Dorayaki, yaitu sejak th. 2000. Sejak awal kami berbelanja alat tulis tidak dulu ada masalah, namun disaat kami coba fasilitas fasilitas antar toko sejak sekitar 3 bulan yang lalu, jadi banyak masalah.

Masalah pertama adalah disaat kami memesan HVS 100gr Merk Kertasku sebanyak 20 rim terhadap tanggal 3 Agustus 2016, yang dikirim ke daerah kami cuma 15 rim, dan itu waktunya lama sekali. Dijanjikan hingga di dalam 1 jam, terhadap sebetulnya hingga 5 jam. Dan perusahaan kami telah sudi tutup dan tidak ada kejelasan dari toko Bapak/ Ibu.

Masalah Selanjutnya disaat kami memesan pulpen hitam merek Pulpenku sebanyak 50 box terhadap tanggal 10 September 2016. Yang dikirim sebetulnya 50 box dan pas waktu, namun 30 box dari pulpen selanjutnya tidak berfungsi. Bayangkan, hampir setengahnya rusak semua. Padahal kami tetap belanja pulpen merek Pulpenku dan tidak dulu ada masalah. Dan yang paling akhir disaat kami memesan kertas merek Kertasku ulang sebanyak 20 rim terhadap 10 pengepakan kiriman tidak cukup baik yang memicu 10 rim kertas HVS putih di dalam suasana cacat.

Berkenaan dengan hal itu dan mengingat bisnis kami benar-benar membutuhkan fasilitas antar dikarenakan tidak ada orang yang sempat belanja ke toko Bapak/ Ibu secara langsung, kami harap, sebelum saat dikirim tolong di check suasana awal hingga pengepakannya. Sehingga, seluruh tetap di dalam suasana baik.

Kami berharap pertalian kerja yang telah terkait baik sepanjang ini tidak disia-siakan. Atas perhatian dan kerja mirip baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan menerima kasih.

Hormat saya,

Alexander Suwiryo

Baca Juga:


Comments are closed.