Call Us:+1-888-888-888

Manfaat dan Bahaya Geotagging

Home  /  Pendidikan  /  Manfaat dan Bahaya Geotagging

19.Feb, 2019 Comments Off on Manfaat dan Bahaya Geotagging Pendidikan

Manfaat dan Bahaya Geotagging

Manfaat dan Bahaya Geotagging

Manfaat dan Bahaya Geotagging

Manfaat dan Bahaya Geotagging

Apa sih Geotagging itu ?

Biasanya kita mengenal istilah itu pada device-device mutakhir zaman sekarang. Geotagging di aplikasikan pada kamera-kamera digital maupun perangkat kamera ponsel terbaru.
Geotagging adalah proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti photo, video, website, atau RSS feed dan merupakan bentuk metadata geospasial. Data ini biasanya terdiri dari garis lintang dan bujur, meskipun mereka juga dapat mencakup ketinggian, bantalan, jarak, akurasi data, dan nama tempat.

Manfaat Geotagging

Geotagging dapat membantu pengguna menemukan berbagai macam informasi lokasi-spesifik. Misalnya, seseorang dapat menemukan gambar-gambar yang diambil di dekat lokasi tertentu dengan memasukkan koordinat lintang dan bujur ke mesin photo geotagging-enabled pencarian. Geotagging-diaktifkan layanan informasi juga dapat berpotensi digunakan untuk mencari berita berbasis lokasi, situs web, atau sumber lain. Geotagging dapat memberitahu pengguna lokasi isi gambar yang diberikan atau media lain atau sudut pandang. Dan sebaliknya pada beberapa platform media menunjukkan media yang relevan dengan lokasi tertentu.

 

Secara umum, proses ini telah disebut geocoding

(mis. photo Geocode), sebuah istilah yang lebih sering merujuk kepada proses mengambil non-koordinat geografis berdasarkan pengidentifikasi, seperti alamat jalan, dan menemukan koordinat geografis yang terkait (atau sebaliknya untuk reverse geocoding), atau penggunaan kamera yang memasukkan koordinat ketika membuat gambar, misalnya menggunakan built dalam penerima GPS.
Dewasa ini sudah banyak kamera maupun ponsel yang sudah dilengkapi GPS yang bisa menambahkan informasi lokasi kedalam metadata photo atau biasa disebut dengan data exif. Sehingga photo tersebut lokasinya bisa dilihat didalam peta Googlemap.
Namun bagaimana bila kita ingin melihat lokasi hasil jepretan kamera biasa yang tidak dilengkapi dengan GPS atau menggunakan GPS yang terpisah? Hal ini bisa dilakukan asalkan kita mempunyai data koordinat lokasi photo tersebut walaupun tidak include dalam metadata atau data exif.
Kita bisa melakukan geotaging secara manual menggunakan bantuan software tertentu. Cara termudah untuk mencocokkan foto tersebut ke lokasi spesifik adalah dengan menggunakan Google Maps dalam Picasa. Namun juga dapat menggunakan fitur geotag asli dalam Picasa, dengan bantuan Google Earth.
Untuk keperluan ini kita harus memiliki Google Earth dan Picasa yang diinstal pada komputer. Bila belum terinstal bisa di download Google Earth di an Picasa di

Bahayanya Geotagging

Hati hati memposting photo anda di media sosial atau situs storage gratis. Di smartphone memiliki fitur geotag atau data photo diambil akan disimpan dalam photo. Photo dapat menunjukan di mana keberadaan anda, dan bisa dimanfaatkan orang orang yang tidak berkepentingan. Bukan photo pribadi saja, misalnya keluarga sering mengabadikan photo anak-anak lalu diupload ke media sosial atau sampai menyebutkan nama yang ada di photo. Bisa memancing kejahatan. Seperti photo-photo yang menampilkan banyak barang bagus dan mahal dapat memancing penjahat untuk mengambil barang.
Photo yang diupload ke Facebook atau media sosial dan file photo share lain akan tetap membawa data lokasi dimana photo diambil. Dan bisa dibaca oleh orang lain, bahkan sangat detil dimana letak photo diabadikan. Dan orang lain dapat melihat di browser computer.

Bila ragu apakah photo yang pernah diupload masih membawa Geotag, di setting media sosial bisa dimatikan untuk info photo tersebut.

Baca Juga : 


Comments are closed.