Call Us:+1-888-888-888

5 Jurusan Yang Paling Dicari dalam CPNS 2018, Apasaja?

Home  /  Pendidikan  /  5 Jurusan Yang Paling Dicari dalam CPNS 2018, Apasaja?

5.Oct, 2018 Comments Off on 5 Jurusan Yang Paling Dicari dalam CPNS 2018, Apasaja? Pendidikan

5 Jurusan Yang Paling Dicari dalam CPNS 2018, Apasaja?

5 Jurusan Yang Paling Dicari dalam CPNS 2018, Apasaja?

Pemerintah melewati Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah memutuskan kebutuhan susunan pegawai negeri sipil (PNS) guna tahun 2018.

Tahun ini konsentrasi perencanaan dan rekrutmen ditunjukkan meningkatkan daya saing bangsa, dengan prioritas pada bidang pelayanan dasar, yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Dilansir dari laman sah Kemenpan RB, pengadaan CPNS tahun 2018 ini direncanakan membuka 238.015 formasi. Jumlah itu terdiri dari 51.271 susunan untuk instansi pemerintah pusat dan 186.744 susunan instansi pemerintah wilayah (525 pemda).

Lalu, jurusan apa yang paling tidak sedikit dibutuhkan dalam CPNS 2018 ini?

1. Jurusan Pendidikan Guru

Tenaga pendidik mendapat prioritas terbesar dalam rekruitmen CPNS 2018. Dalam susunan CPNS tahun ini diperlukan guru ruang belajar dan mata latihan untuk pemerintah wilayah (pemda) sejumlah 88.000 formasi, serta guru madrasah Kementerian Agama bertugas di kabupaten/kota sejumlah 12.000 formasi.

Jurusan edukasi guru seringkali masuk dalam fakultas ilmu edukasi (FIP). FIP menyerahkan ragam pilihan edukasi guru diantaranya, edukasi guru sekolah dasar, edukasi guru edukasi anak umur dini (PAUD), pendidikan tuntunan dan konseling atau edukasi kurikulum dan tenaga pendidikan.

Beberapa universitas terdapat yang secara khusus menyerahkan pilihan edukasi guru secara khusus guna bidang studi laksana Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, atau Pendidikan Geografi.

2. Jurusan Pendidikan Guru Agama

Secara eksklusif Pendidikan Guru Agama, baik agama Islam, Kristen, Katolik, Budha dan Hindu pun mendapatkan porsi besar dalam susunan CPNS untuk keperluan 525 pemda. Tahun ini CPNS guna tenaga Pendidikan Guru Agama diperlukan sebanyak 8.000 formasi.

Pendidikan guru agama bisa ditempuh dengan memungut jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama Kristen (PAK) atau edukasi agama beda yang seringkali masuk dalam rumpun atau Fakultas Ilmu Pendidikan.

Lulusan jurusan Pendidikan Agama bisa bekerja sebagai tenaga pendidik (guru) pada semua jenjang mulai Pendidikan Dasar (SD, SMP) dan Pendidikan Menengah (SMA, SMK), dan bisa menjadi pendidik (dosen) pada Pendidikan Tinggi dengan kriteria menambah pendidikan pascasarjana jenjang strata dua.

3. Jurusan Kedokteran dan Tenaga Medis

Di samping tenaga pendidik, CPNS 2018 juga diserahkan untuk memenuhi keperluan jabatan tenaga kesehatan guna pemda sejumlah 60.315 formasi. Tenaga kesehatan tersebut mencakup dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis.

Kedokteran adalah pelajaran.id/ jurusan kesayangan yang tidak sedikit diminati alumni SMA di masing-masing universitas negeri atau swasta. Jurusan kedokteran seringkali akan dikelompokan bareng dalam rumpun/fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat.

Fakultas ini seringkali mencakup sejumlah disiplin ilmu laksana ilmu kedokteran (umum), kedokteran gigi, keperawatan (tenaga medis/paramedis), ilmu kesehatan masyarakat dan farmasi.

4. Jurusan Teknik

Di samping tenaga pendidik dan tenaga kesehatan, tenaga teknis pun menjadi keperluan dalam CPNS 2018. Tenaga teknis CPNS 2018 akan didapatkan dari pelamar umum 30.429 susunan dan bakal mengisi keperluan di pemerintah pusat maupun daerah.

Teknik sebagai studi lanjutan dari sekolah menengah atas memiliki tidak sedikit penjurusan mulai dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, Tekni Arsitektur, Teknik Perkapalan, Teknik Pertambangan, sampai Teknik Komputer. Jurusan teknik seringkali akan dikelompokan dalam fakultas/rumpun Sainstek (sains dan teknologi) dan mensyaratkan berasal dari alumni penjurusan IPA SMA.

5. Jurusan Magister Pascasarjana

Formasi guna posisi dosen dalam CPNS 2018 pun mendapat porsi besar. Setidaknya diperlukan sebanyak 14.454 susunan dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama guna tahun ini.

Formasi ini memerlukan kualifikasi akademik dan pun kualifikasi pendidikan. Kualifikasi akademik maksudnya dosen paling tidak telah melewati pendidikan tinggi program pascasarjana terakreditasi cocok dengan bidang ilmu keahlian.

Sedangkan kualifikasi akademik yang dimaksud ialah telah lulus sertifikasi yang dilaksanakan perguruan tinggi pelaksana program pengadaan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi yang diputuskan Pemerintah.

Dengan demikian, jurusan yang mesti dipungut jika hendak menjadi dosen ialah jurusan cocok bidang dosen tersebut. Contoh, guna menjadi dosen di edukasi dokter, jurusan yang diambil ialah jurusan-jurusan dalam ilmu kedokteran, bukan manajemen, bisnis atau lainnya.


Comments are closed.