Call Us:+1-888-888-888

Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik

Home  /  Pendidikan  /  Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik

11.Sep, 2018 Comments Off on Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik Pendidikan

Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik

Mendidik atau mengajari anak Anda mengenai pertahanan diri memang harus dimulai sejak usia dini. Sudah jadi tugas Anda sebagai orangtua untuk lindungi diri sendiri dan juga keluarga dari serangan serta kekerasan yang ada di dunia. Anak-anak harus diajarkan siapa namanya sendiri dan orangtua mereka, alamat maupun nomer telepon, bila keadaan darutan datang. Tapi, Anda juga harus peringatkan anak-anak untuk tak berbicara dengan orang lain, khususnya orang asing yang belum dia kenal.

Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik

Tips Mendidik Anak Tentang Pertahanan Diri yang Baik

 

Salah satu prinsip yang memiliki peranan cukup penting sekali dari pertahanan diri adalah mendidik anak Anda siapa yang seharusnya dipercaya dan juga siapa yang seharusnya dicurigai. Anak-anak harus tahu ciri-ciri orang yang seharusnya mereka hindari dan juga siapa yang dapat mereka percaya pada situasi darurat. Meskipun anak-anak sering sekali diajarkan untuk mentaati orangtuanya dan orang dewasa yang lain, akan tetapi Anda juga harus ajarkan kepada anak-anak bahwasannya orang dewasa akan menjadikannya merasa takut tak perlu dipatuhi.

Tips mendidik anak tentang pertahanan diri yang baik

Terutama di sekitar rumah tingga, Anda dapat mendidik anak Anda untuk selalu mengunci pintu dan jendala serta tak membukakkan pintu untuk orang asing, Anda juga dapat meletakkan alarm pribadi di area rumah apabila ada masalah. Akan tetapi hati-hatilah saat menjelaskan pada anak Anda supaya mereka juga merasa tak sedang ditakut-takuti. Dan sangat penting sekali untuk anak-anak Anda tahu bahwasannya keselamatan mereka adalah salah satu hal yang paling penting dan mereka juga ahrus merasa dilindungi dan juga amna, khususnya di rumahnya sendiri.

Bagi anak-anak Anda yang usianya lebih tua dan sudah tahu cerita mengenai kekerasan di tempat lainnya, mungkin saja Anda harus untuk membahas masalah ini yang lebih lanjut lagi secara terperinci dengan anak Anda. Bila anak Anda sedang pergi sendirian ke rumah teman, belanja, atau pun tempat lainnya, maka coba membekali anak Anda dengan ponsel yang dilengkapi dengan nomer telepon darurat. Aturan dasar seperti halnya memberlakukan jam makan malam juga bisa bantu anak Anda yang usianya lebih tua dan remaja untuk tetap di rumah serta menghindari situasi bahaya.

Selain itu Anda juga bisa mendidik anak Anda untuk percaya diri Latihan seni bela diri ini bisa membantu, khususnya bila mereka sedang dihadapkan dengan pengganggu di sekolahnya. Akan tetapi Anda juga mungkin saja ingin ajarkan pada anak Anda untuk tidak atasi kekerasan dengan kekerasan juga. Cara lainnya adalah berteriak meminta tolong bila mereka hadapi orang yang lakukan kekerasan.

Demikian informasi tentang tips mendidik anak tentang pertahanan diri yang baik, yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com


Comments are closed.